Menggunakan
Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Pendahuluan
Perdagangan elektronik,yang disebut juga e-commerce,adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Perdagangan elektronik,yang disebut juga e-commerce,adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan
perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit.
Definisi sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi
bisnis elektronik. Dengan pandangan ini,istilah bisnis elektronik dan perdagangan
elektronik akan sama. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka
(interface)sebuah browser.Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan
elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C)mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.perbedaan ini digabungkan sehingga situs B2B memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode untuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya). Situs seperti WW.1800FLOWERS.COM,WWW.HOMEDEPOT.COM,WWW.USP.GOV (jasa pos AS)telah dikenal oleh banyak penijau situs Web . pihak lainnya telah terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C)mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.perbedaan ini digabungkan sehingga situs B2B memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode untuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya). Situs seperti WW.1800FLOWERS.COM,WWW.HOMEDEPOT.COM,WWW.USP.GOV (jasa pos AS)telah dikenal oleh banyak penijau situs Web . pihak lainnya telah terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat yang
Diharapkan dari E-Commerce
perusahaan melaksanakan
e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan
–perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama : a.pebaikan
layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualm, b.perbaikan hubungan
dengan pemasok dan komunikasi keuangan, c.peningkatan imbal balik ekonomis atas
pemegang saham dan investasi pemilik. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi
yang mencapai tujuan e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat yang dapat
membantu organisasi mencapai tujuannya.
Kendala-kendala E-Commerce
Kendala-kendala E-Commerce
perusahaan yang memberikan
respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak
memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan.
Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan
3 kendala dengan urutan sebagai berikut :*Biaya yang tinggi,*Kekhhawatiran akan
masalah keamanan,*Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Ruang Lingkup E-Commerce
Ruang Lingkup E-Commerce
Pahamilah bahwa e-commerce
bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya
beberapah bulan.
Jalan Menuju E-Commerce
Rencana strategis akan membakukan
komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business
intelligence—BI)adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur
didalam lingkungannya yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Basis Data Eksternal
Perusahaan menggunakan berbagai
basis data ini untuk mendapatkan kecerdasn bisnis karena ia lebih cepat dan
lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. Basis data
pemerintah juga merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi
diberikan dalam sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri
atau bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak
pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui
internet.
Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (search
engine)adalah suatu program komputer khusus yang menayakan suatu kata atau
kelompok kata pada pengguna untuk dicari.
Yahoo!(WWW.YAHOO.COM),Excite(WWW.EXCITE.COM), Alta Vista
(WWW.ALTAVISTA.COM),MSN (WWW.MSN.COM),Google (GOOGLE.COM).dan Askjeeves
(WWW.ASKJEEVES.COM) adalah sebagian kecil situs-situs mesin pencari dan portal
populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses
melalui Web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektronik).
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektronik).
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem interorganisasional
(interorganizational sistem—IOS)sehingga semuah perusahaan bekerja bersama
sebagai suatu unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih
sendiri oleh setiap perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu
bisnis,atau alianis bisnis.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki
suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat
penting:efesiensi komparatif dan kekuatan penawaran. EFESIENSI KOMPARATIF
Dengan bergabung dalam IOS,para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa
dengan tinggkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang
dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. –Efesiensi
internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan ituh
sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data
dengan cepet dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat
lagi.—Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh
melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur ituh sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added network—VAN). Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan
memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam
cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan
proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan.
Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif,menerima atau
menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision
Sciences dua profesor SIM G.Premkumar dan K.Ramamurthy mempelajari
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS.
Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan
mengambil langkah proaktif atau reaktif.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Beberapah manfaat dari sistem
interorganisasional seperdi EDI dan ekstranet didorong secara langsung dari
teknologi. Manfaat tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk
bersaing, perbaikan hubungan dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang
lebih baik.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat
nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari
nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami strategi bisnis
untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting ? 2 alasan adalah semakin
banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan
semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk
melakukan pembelian menggunakan Web.
Produk-produk Digital
Suatu perbedaan utama antara
pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui fisik
melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai
di-download.
Produk-produk Fisik
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat
dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan
.
Penjualan Maya Versus Campuran
.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales)
adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak
mengoperasikan tempat berjualan fisik. Penjualan campuran (hybrid
sales)terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik
dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil
manfaat dari e-commerce.satu contoh adalah polk Country di Florida. Kantor
Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan
bangunan
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan bergerak (mobile
commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten
digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi
analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga
(thirdgeneration—3G)telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi
nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup
memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di
sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi
profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu
koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian
dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang
lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.
MENGGUNAKAN INTERNET
MENGGUNAKAN INTERNET
Awal mula Internet dapat ditarik
balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang
disebut ARPANET. ARPANET menunjukkan bahwa pemerintahan dan penerimaan data
oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak
komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk
dilakukan.
World Wide Web
World Wide Web
Ide ini menjadi kenyataan pada
pertengahan tahun 1992 dalam bentuk World Wide Web. Ia juga
memungkinkan dikirimkannya hypermedia—multimedia yang terdiri atas
teks,grafik audio,dan video—melalui World Wide Web. World Wide Web,yang disebut
pula sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui internet
dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer)disimpan dan kemudian
diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Istilah internet da world Wide Web sering kali digunakan layaknya keduanya
memiliki arti yang sama.
CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga
dikaikan dengan Internet dan Web— cyberspace dan superbigbway (jalan bebas
hambatan super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan
William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu
masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia
Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam
konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak
akhirnya pada masyarakat.
Standar Internet
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa
Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna
komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu
sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apa pun.
Sistem Internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung
jawab mengenai standar-standar Internet kepada Internet Engineering task force
— IETF.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dpat digunakan untuk
setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data;termasuk komunikasi
didalam perusahaanmaupun dengan lingkungan. Semuah are perusahaan dapat
menggunakan internet, tetapi suatu area yang penting adalah manajemen rantai
pasokan.
E-Commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar perawatan kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan berinteraksi dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk perawatan pasien secara langsung.
E-Commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar perawatan kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan berinteraksi dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk perawatan pasien secara langsung.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling
dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah
hadir di Web.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Meskipun Web masih berusia
relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci
untuk keberhasilan. Saran –saran di atas sekaligus menunjukkan bahwa
memanfaatkan Web secara sepenuhnya ternyata tidak hanya sekedar membuat halaman
Web saja.
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna Internet adalah
suatu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda,namun yang berusia lebih
tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk kebelanjakan)memiliki dampak
yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
sumber: sistem
infirmasi manajemen Raymond McLeod edisi 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar